Senin, 21 Mei 2012

Pindahan .. lagi

Saya mungkin memang ditakdirkan untuk terlahir dengan selalu berpindah tempat. Setidaknya, saya merasakan hidup nomaden dari satu tempat ke tempat yang lain selama beberapa kali hingga terakhir ini. Tidak punya rumah, atau tempat tinggal yang pasti dan selalu hidup di dalam lingkup ruang yang dimiliki orang lain. Bahkan tinggal bersama ibu saya pun saya masih juga merasa menumpang.

Dan ini adalah rencana kepindahan saya yang kesekian kalinya. Saya menemukan satu rumah. Ya, rumah. Memang mungkin tidak akan menjadi tempat persinggahan terakhir saya menghabiskan masa tua, karena rumah ini adalah calon kontrakan baru saya. Saya menyebutnya rumah, dan bukan kontrakan. Karena walaupun memang saya belum mampu membelinya selain dengan cara menyewa, tapi setidaknya ini adalah rumah. Hunian yang sesungguhnya. Bukan hanya bangunan yang terdiri dari tiga ruangan dengan satu pintu dan terletak di gang sempit padat penduduk. Ini adalah rumah yang terdiri dari beberapa pintu, dengan ruangan yang lebih dari tiga, dan posisinya tidak memanjang. Ini adalah sesungguhnya yang disebut rumah.

Ada pagar, halaman, ruang tamu, ruang keluarga, dua kamar tidur, juga dapur dan kamar mandi. Rumah kan? Alih-alih hanya petakan ruangan yang biasanya dijejali berbagai barang pada ruangan pertama, dan tempat tidur di ruangan kedua, serta dapur yang menyatu dengan kamar mandi.. saya akan pindah ke sebuah bangunan yang lebih layak untuk ditinggali. Memang harganya sedikit mahal bila saya harus memikirkan untuk membayar sendiri tagihan listrik dan airnya. Tapi setidaknya harga sewanya tidak lebih mahal dari kontrakan tiga petak yang saat ini saya tengah tinggali. Memang akan membuat jarak saya ke kantor menjadi lebih jauh, tapi setidaknya jarak saya dengan ibu menjadi lebih dekat. Saya mungkin akan sering menggerutu karena kelelahan di setiap perjalanan ke dan dari kantor, tapi setidaknya di rumah yang akan saya tinggali nanti akan lebih luas udaranya. Lebih sehat. Dan lebih nyaman.

Sebentar lagi.. saya akan bersibuk ria mengeluarkan biaya yang lumayan lagi untuk kepindahan saya. Tapi selama satu tahun kedepan saya akan sedikit tenang menata keuangan saya yang masih juga belum menemukan titik keseimbangan yang sempurna. Dan untuk menutup sewa rumah selama satu tahun ini akan membuat keuangan saya semakin limbung. Tapi saya mengharapkan kenyamanan, dan ketenangan. Dan juga ini adalah rumah. Yeay!


Bukan ini sih rumah yang akan saya tempati, tapi saya mengharapkan senyaman seperti di gambar ini :)
Source




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...