Kamis, 03 November 2011

Educating me


Saya ingin sekolah lagi. Melanjutnya jenjang pendidikan saya yang hanya alakadarnya. Beberapa hari belakangan ditengah kesibukan kerja, saya sesekali mengintip ke halaman web yang berisi tentang informasi kuliah sabtu/ minggu atau kuliah karyawan. Rasanya, ingin melanjutkan jenjang pendidikan strata saya. Entah kenapa, hasrat itu kembali muncul. 

Saya pernah punya harapan dapat memperoleh pendidikan paling tidak sampai S2, dimana saya dapat menjadi contoh yang baik untuk anak saya kelak. Selain tentunya untuk menaikkan kelas saya di dunia kerja, juga saya tidak ingin membiarkan otak saya tumpul terlalu lama karena tidak di asah dengan pendidikan.


Semasa dulu saya mengambil pendidikan diploma, saya hanya berfikir bagaimana caranya agar sekolah cepat dan dapat segera mencari pekerjaan, setidaknya jika tidak bisa membantu meringankan beban keluarga, saya dapat sekedar memberi penghidupan untuk saya sendiri sehingga ibu bisa sedikit santai dalam memikirkan biaya untuk saya dan adik-adik saya. Setelah mendapat kerja, kelak saat itu saya berharap dapat meneruskan pendidikan saya ke jenjang yang lebih tinggi, dengan maksimasi strata 2. Tidak perlu terlalu tinggi sampai meraih gelar Doktor atau Profesor, karena saya sadar perhatian saya kelak akan lebih melulu banyak untuk mengurus keluarga, terlebih anak saya kelak. 

Saya tidak ingin membiarkan otak saya berdiam diri menghadapi rutinitas dunia kantor yang menjemukan, maka saya perlu mencari hal baru untuk terus melatih otak saya. Opsi lainnya selain melanjutkan sekolah adalah mengikuti kursus. Tahun lalu saya memiliki beberapa rencana terkait dengan dunia pendidikan yang ingin saya tekuni. Mengejar impian untuk menguasai berbagai bahasa, juga melanjutkan pendidikan. Namun semua sepertinya harus tertunda, atau mungkin tidak akan mungkin bisa saya lakukan, mengingat begitu banyak hal menyita perhatian dan pikiran saya. Otak saya mungkin bisa menjadi tumpul dengan terbaginya perhatian kepada beberapa hal yang malah menguras emosi jiwa saya. Maka, saya punya harapan (Tuhan, berbaik hatilah pada hambaMu kali ini, AMIN) untuk tahun depan saya bisa melanjutkan jenjang pendidikan saya, atau setidaknya telah mendaftar di salah satu kursus yang saya minati.

Saya harus tetap bertahan hidup di tengah kondisi saya saat ini. Paling tidak, jika saya impian saya terhadap kehidupan pribadi saya tidak dapat terwujud seperti kemauan saya, saya akan tetap dapat bertahan hidup dengan ilmu yang saya telah enyam. 

Saya bukannya pesimis, tapi hidup itu harus terus memiliki rencana, apapun kondisinya. Saya tidak ingin suatu saat terjebak dalam kondisi dimana saya tidak memiliki apapun untuk sekedar melangkah maju, atau bahkan sekedar bernafas. Saya ingin mempunya beberapa langkah cadangan sekedar untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Saya perlu sekolah, melanjutkan jenjang pendidikan saya. Agar otak saya tidak tumpul, agar saya dapat bertahan hidup dengan layak.

Kapan ya bisa sekolah lagi?
Source


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...